RESEP BARU

RESEP DAN CARA MEMBUAT BARONGKO

MAU GABUNG GRUP WA RESEP MASAKAN ?
CARANYA CHAT ADMIN YA !
WA : 0852 2641 5963





Jujur aja ini pertama kali aku buat barongko, biasanya cuman tau makan doang. makanya sblm bikin nanya2 dulu ke mama. ini juga gegara ada yg ngasih pisang tanduk trus bingung bakal dibikin apa. tapi saran aku tetep pake pisang kepok ya biar teksturnya pas. tapi yg namanya barongko ya tetep enak, segerr banget apalg dimakan dingin2
Kalo cara ngebungkusnya mirip kaya ngebungkus bothok/pepes. pas ngukus, jangan lupa tutup dandangnya dibungkus pake serbet yaa. aku kelupaan jadi kemasukan air barongkonya.
Oya kalo cari daun pisang yg gede ya, disini susah aku selalu dapetnya yg kecil jadi ga bisa gede hasilnya. kalo di makassar aslinya lebih gede dr ini. puas bgt makannya

RESEP BARONGKO
by Mbaiyya

Bahan BARONGKO :
1 sisir pisang kepok (aku pake 8 buah pisang tanduk)
5 butir telur ayam besar (aku pake 6 yg sedang)
250 ml santan kental
300 gr gula pasir
½ sdt garam
vanilla powder secukupnya


Pelengkap BARONGKO :
3 ikat daun pisang untuk membungkus (yg muda dan daunnya lebar)
tusuk gigi

Cara MEMBUAT BARONGKO :
Potong2 daun pisang. Buat juga kuncinya.
Panaskan di atas api supaya lemes dan mudah dibentuk. Bersihkan, sisihkan.
Buat cetakannya, biasanya dari kayu tapi aku buat pake piring kertas yg dilipat aja.
Bentuk daun pisang menggunakan cetakan, pasang kuncinya lalu rekatkan dengan tusuk gigi.
Blender semua bahan hingga halus dan tercampur rata.
Ambil satu sendok sayur, masukkan ke dalam daun pisang yang sudah dicetak. Rekatkan kembali dengan tusuk gigi.
Panaskan dandang, lalu kukus hingga matang (daun pisangnya kelihatan layu). Bungkus tutup dandang dengan serbet.
Sajikan hangat atau dingin.

0 Response to "RESEP DAN CARA MEMBUAT BARONGKO"