RESEP BARU

RESEP DAN CARA MEMBUAT GURAME GORENG TUMIS JAHE PEDAS






Kalo makan di resto gurame gede2 kaya gini tuh udah ratusan ribu yah, emang better masak sendiri biar iritt, puas pula makannya bisa nambah2

RESEP GURAME GORENG TUMIS JAHE PEDAS
by Mbaiyya

Bahan GURAME GORENG TUMIS JAHE PEDAS :
2 ekor gurame ukuran besar

Bumbu rendaman GURAME GORENG TUMIS JAHE PEDAS :
2 sdm air jeruk nipis atau asam (aku pake segenggam mangga kering)
2½ sdt garam
6 butir bawang putih, haluskan
1 sdt kunyit bubuk
1-2 sdm air


Bahan sambal jahe GURAME GORENG TUMIS JAHE PEDAS :
1 jempol besar jahe, iris tipis memanjang
8 cabe keriting, iris tipis
7 cabe rawit, iris tipis
10 butir bawang merah, iris tipis
1 bawang bombay besar, iris tipis
3 batang daun bawang, potong2
3 batang seledri, potong2
½ sdt lada bubuk
½ sdt garam
1 sdm air jeruk nipis
1 buah jeruk purut/limau
minyak utk menumis

Cara MEMBUAT GURAME GORENG TUMIS JAHE PEDAS :
Bersihkan ikan gurame, buang insang dan isi perutnya, kerat2 lalu lumuri dgn bumbu rendaman.
Simpan di kulkas semalaman agar bumbu meresap.
Goreng ikan hingga kecoklatan / matang.
Tiriskan, tata di piring saji.
Tumis cabe dan jahe, aduk sebentar lalu masukkan bawang merah dan bawang bombay. Aduk rata.
Tambahkan garam dan lada bubuk, aduk rata sambil diberi air jeruk nipis dan perasan jeruk purut/limau.
Masukkan daun bawang dan seledri, aduk rata.
Matikan api lalu siramkan ke atas ikan goreng.

0 Response to "RESEP DAN CARA MEMBUAT GURAME GORENG TUMIS JAHE PEDAS"