RESEP BARU

RESEP CARA MEMBUAT PEMPEK DOS KATES






Pengen banget makan pempek tp akhir2 ini susah ikan lg bulan terang. Saking pengennya ya udh deh gpp bikin pempek dos aja tanpa ikan ...bener2 tanpa ikan , tanpa udang , kaldu nya juga ngga. Tp ini enak kog lembut ga alot , adonan nya jg gampang banget dibentuk. Sy bikin 2 macam , isi tumis pepaya dan isi telur

RESEP PEMPEK DOS KATES
By : xanderskitchen

Bahan PEMPEK DOS KATES biang :
400 ml air
200 gr terigu
Garam, gula secukupnya

Bahan adonan pempek :
3 btr telur dikocok ( dicampur ke adonan )
5 siung bawang putih dihaluskan
400 gr sagu tani


Cara buat PEMPEK DOS KATES :
1. Dlm panci campur terigu , air, garam dan gula. Aduk rata. Nyalakan api, masak sambil diaduk2 sampai menggumpal seperti bubur ( hati2 gosong ) Angkat. Biarkan hangat
2. Pindahkan biang yg sudah tidak panas ke dalam baskom , tambahkan bawang putih , telur kocok. Aduk rata pakai sendok kayu
3. Masukkan sagu sedikit2. Aduk sampai rata
4. Balur tangan dg sagu, ambil sedikit adonan isi dg tumis pepaya
5. Rebus pempek dlm air mendidih sampai matang

Bahan buat isi PEMPEK DOS KATES :
250 gr pepaya muda , diserut
1 sdm ebi bilas air, tumbuk halus
3 siung bawang putih dihaluskan
2 btr bawang merah dihaluskan
Garam , gula , merica secukupnya

Cara buat isian PEMPEK DOS KATES :
Tumis bumbu halus dan ebi sampai harum, masukkan pepaya muda tambahkan garam, gula, merica. Masak sampai pepaya cukup empuk dan agak mengering


TIPS PEMBUATAN PEMPEK DOS

1. Lebih mudah jika air, terigu, garam dan gula diaduk rata jadi satu dulu , baru kemudian dimasak ketimbang memasak air sampai mendidih baru memasukkan terigu. Memasukkan terigu pd saat air mendidih membuat biang lebih bergumpal2

2. Masak biang jgn dg api besar krn biang cepat hangus. Masak sambil diaduk2 tidak perlu sampai haluus rata krn nanti waktu biang diaduk dg telur akan halus sendiri

3. Mencampur biang dg telur dan sagu cukup pakai sendok kayu ngga perlu pake food processor. Tambahkan sagu sebagian2 aduk memutar searah sampai sagu habis dan menjadi gumpalan adonan spt di foto

4. Adonan lentur , mudah dibentuk. Balur tangan dg sedikit sagu kalo adonan msh agak lengket

5. Air buat rebus tidak perlu diberi minyak goreng, licin kog pempek nya ga nempel2 juga

0 Response to "RESEP CARA MEMBUAT PEMPEK DOS KATES"