RESEP BARU

RESEP DAN CARA MEMBUAT PEMPEK DOS TELUR






Pempek dos telur. Ini bikinnya satu adonan dg yg kemarin. Dibikin kecil2 diisi dg telur kocok. Itu isinya jelek banget  lebih bagus pakai telur kuning aja sih

RESEP PEMPEK DOS TELUR
By : xanderskitchen

Bahan biang PEMPEK DOS TELUR :
400 ml air
200 gr terigu
Garam, gula secukupnya

Bahan adonan pempek :
3 btr telur dikocok ( dicampur ke adonan )
5 siung bawang putih dihaluskan
400 gr sagu tani


Bahan PEMPEK DOS TELUR utk isi :
2 btr telur dikocok beri garam dan sedikit gula

Cara buat PEMPEK DOS TELUR :
1. Dlm panci campur terigu , air, garam dan gula. Aduk rata. Nyalakan api, masak sambil diaduk2 sampai menggumpal seperti bubur ( hati2 gosong ) Angkat. Biarkan hangat
2. Pindahkan biang yg sudah tidak panas ke dalam baskom . Dlm keadaan hangat tambahkan bawang putih , telur kocok. Aduk rata pakai sendok kayu
3. Masukkan sagu sedikit2. Aduk sampai rata
4. Balur tangan dg sagu, ambil sedikit adonan isi dg telur kocok
5. Rebus pempek dlm air mendidih sampai matang



TIPS PEMBUATAN PEMPEK DOS TELUR

1. Lebih mudah jika air, terigu, garam dan gula diaduk rata jadi satu dulu , baru kemudian dimasak ketimbang memasak air sampai mendidih baru memasukkan terigu. Memasukkan terigu pd saat air mendidih membuat biang lebih bergumpal2

2. Masak biang jgn dg api besar krn biang cepat hangus. Masak sambil diaduk2 tidak perlu sampai haluus rata krn nanti waktu biang diaduk dg telur akan halus sendiri

3. Mencampur biang dg telur dan sagu cukup pakai sendok kayu ngga perlu pake food processor. Tambahkan sagu sebagian2 aduk memutar searah sampai sagu habis dan menjadi gumpalan adonan spt di foto

4. Adonan lentur , mudah dibentuk. Balur tangan dg sedikit sagu kalo adonan msh agak lengket

5. Telur buat isi bisa pakai yg dikocok atau kuning telur utuh. Supaya tidak mudah bocor dasar lubang dibikin agak tebal , isinya jgn terlalu penuh beri jarak kira2 1.5 cm dr permukaan. Permukaan yg kena telur susah rapat mknya musti ada jarak. Waktu menutup pempek , tekan sampai adonan benar2 rapat spy pempek tidak terbuka pd waktu direbus

6. Merebus pempek dg isi telur lebih lama dibanding pempek tanpa isi. Jika pempek sudah mengapung jgn langsung diangkat krn isinya pasti belum matang. Biarkan direbus kira2 15 mnt lg sesudah mengapung. Bisa juga lebih lama tergantung ukuran pempeknya. Lebih aman ambil satu pempek nya kemudian dibelah buat test udah matang apa belum

7. Air buat rebus tidak perlu diberi minyak goreng, licin kog pempek nya ga nempel2 juga. Sy jarang kasih minyak di air rebusan toh nanti mau makan pempek digoreng lg. Banyak amat makan minyak

8. Terakhir coba bikin yak...kalo kebanyakan tanya ntar ga bikin2
 

0 Response to "RESEP DAN CARA MEMBUAT PEMPEK DOS TELUR"