RESEP BARU

Resep Dan cara Membuat Roti Maryam




menguatkan tekad utk bikin rotmar ini. Sebenernya udah pernah bikin beberapa kali sebelumnya, dan selalu pake resep yg sama, tapi tiap mau bikin males krn prosesnya lama, lagian di sini jg banyak yg jual. Jd bener2 harus diniatin klo mo bikin 😂
.
Resep Roti Maryam
Resep mba Fifi jajanevivi.com
(Aku tulis ½ resep dari resep aslinya)
.
Bahan:
500 gr tepung terigu (aku pake protein tinggi)
1 btr telur utuh
1 btr kuning telur
2 sdm susu bubuk
½ sdt garam
80 cc minyak goreng
225 cc air hangat
.
Margarin untuk olesan
 

 
Cara membuat Roti Maryam :
1. Siapkan wadah, masukkan air, minyak goreng dan telur. Aduk dengan garpu atau whisker asal rata.
2. Masukkan bahan kering ke dalam campuran minyak goreng tadi, uleni pake tangan sampai bener2 kalis. (Note: karena adonan terlalu lembek, aku tambahkan segenggam tepung terigu & sedikit minyak, baru bisa kalis)
3. Bagi adonan menjadi 16. Suka2 aja sih mau dibagi berapa. Bentuk bulat. Olesi dgn minyak goreng, diamkan 1 jam. Jgn lupa ditutupi plastik biar ga kering permukaannya.
4. Ambil satu adonan, pipihkan memanjang. Oles dgn margarin, gulung memanjang. Tarik perlahan biar ga putus. Gulung melingkar dr arah yang berlawanan (jadi seperti bentuk S), ketika udah di tengah2, adonan ditumpuk. Lihat video di himeko.hime aja biar lebih jelas 😂
5. Taruh adonan di atas kertas nasi (biar gampang diambil), pipihkan. Panaskan wajan datar, taruh adonan pelan2, masak sampai matang. Kalau mau disimpan di freezer, ga perlu sampe coklat bgt.
.
Note:
- di foto ini rotmarnya ada yg kecil ada yg gede. Padahal ukuran bulatan awalnya sama. Jadi, berdasarkan pengalaman, semakin lama adonan didiamkan nanti semakin gampang ditipiskan, dan hasil jadinya bisa semakin lebar. Rotmar yg kecil, itu bikin pas awal2. Kemudian mandeg istirahat makan, sementara adonan udh sampai di step 4. Lumayan lama didieminnya. Lanjut bikin lagi, adonannya jd gampang melebar ketika ditipiskan 😂😅.
.
Yuk bikin yuuukk..

0 Response to "Resep Dan cara Membuat Roti Maryam"