RESEP BARU

RESEP EMPAL GENTHONG




Hr ini sebenarnya males motrek ,cm karena bikin ini masakan ,sapa tau gak bisa bikin lagi 😂,karena liat tuh lemaknyaaa 😄😄. Jadi ngumpulin semangat deh ,beberapa hr mataram mendung jadi susah dapet cahaya dari dalam rumah 😁. Nah langsung aja ke resepnya,aku liat resepnya dari blog mbak endang JTT .
RESEP EMPAL GENTHONG
500gr daging ,campur jeroan juga bisa
300ml santan sedang kentalnya (aku cm pake 150ml aja )
800 ml air (aku lebihin ,karena di rumah sukanya yang berkuah banyak )
4sdm minyak goreng

Bumbu halus
6butir bawang merah
4siung bawang putih
5 butir kemiri
1sdt ketumbar sangrai (aku pake yang bubuk)
1/2 sdt jintan (aku pake yg bubuk juga)
1 sdt merica butiran(aku pakai yg bubuk)
3ruas jari kunyit
2ruas jari jahe
1batang serai ,ambil putihnya aja
Rempah dan bumbu lainnya
1batang kayu manis
2 bunga pekak
2butir kapulaga
3 biji cengkeh
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 jempol lengkuas ,geprek
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya
3sdm Air asam jawa (aq pakai 1sdt asam jawa bubuk)

Pelengkap
Daun bawang rajang halus
Kucai (aku pakai daun bawang kecil2)
Jeruk nipis
Sambal 

 

 
Cara membuat EMPAL GENTHONG
1) panaskan minyak goreng ,tumis daging yang sudah dipotong2 kecil dan dicuci bersih ,hingga berubah warna
2) lalu masukkan bumbu halus (pastikan suda benar2 panas ya daging yg diwajannya),aduk2 terus sampai bumbu matang ,lalu masukkan rempah lainnya ,tumis sampai wangi masukkan airnya ,rebus hingga daging empuk ,jika blm empuk air menyusut bny tambahkan air lagi ,masak hingga daging empuk lalu tambahkan santan ,aduk2 hingga mendidih jaga jangan sampai santan pecah ,tambahkan gula ,garam dan air asam jawa ..aduk rata cicipin,masukkan sebagian daun bawang cincang
Siap disajikan hangat2

0 Response to "RESEP EMPAL GENTHONG "